Mūla Bandha

Mūla-bandha adalah salah satu dari tiga ‘kuncian’ utama. Mūla berarti ‘akar’ dan dalam hal ini menunjuk perineum – yaitu area di atas area antara anus dan organ seksual – serta otot-otot PC dan dasar panggul.

Kuncian Dasar ini menarik energi bumi, melalui Cakra Dasar (mūlādhara-cakra), dan menghubungkannya ke Cakra Seks (svādhishthāna-cakra), sembari berfungsi sebagai katup yang menghubungkan energi langit ke pusat bumi.

Mūla-bandha menjaga energi di antara tubuh dan bumi tetap mengalir dalam dua arah, naik dan turun.

PETUNJUK

  1. Ambillah posisi yang paling nyaman. Jika memilih posisi duduk, pastikan tulang belakang terjaga tegak lurus.
  2. Lakukan inhalasi sambil sedikit mengerutkan perineum ke arah pusar.
  3. Pejamkan mata. Fokuskan diri dan visualisasikan otot di antara tulang kemaluan dan tulang ekor.
  4. Tetap lakukan mūla-bandha selama kumbhaka (menahan nafas), dan recaka (melepas nafas). Perlahan lepaskan kontraksi perineum saat jeda pernafasan.
  5. Setelah terbiasa, lakukan terus mūla-bandha selama beryoga, dan dalam kehidupan sehari-hari.

CATATAN

  1. Kontraksi pada perineum adalah sama seperti yang kita lakukan ketika menahan kebutuhan untuk buang air.
  2. Untuk memperkuat otot dasar panggul, Anda dapat berlatih menghentikan aliran urin saat buang air kecil.
  3. Mūla-bandha bekerja di mūlādhara-cakra dan brahma-granthi.
    1. Mūlādhara-cakra adalah aspek penting – dan misterius – dalam hatha, kundalinī, dan tantra yoga. Di sinilah kekuatan potensial kita bersemayam. Dari sini pula energi potensial (kundalinī) diaktifkan, mengalir masuk ke saluran pusat (sushumnā-nādī), dan mengaktifkan jaringan supra-sadar. Ini bukan mitos kuno atau fantasi, dan sebaiknya tidak diabaikan atau diremehkan. Ini adalah pengetahuan penting untuk keberhasilan praktek yoga. Mūla-bandha dirancang untuk menjaga energi ini tetap mengalir di wilayah ini.
    2. Brahma-granthi adalah simpul di mūlādhara-cakra. Simpul ini adalah katup di sumbu utama (sushumnā-nādī) untuk mencegah ‘kekuatan ular’ (kundalinī-shakti) naik ke Cakra Mahkota (sahasrāra-cakra) di mahkota kepala.

MANFAAT

  1. Mencegah prāna yang masuk melalui pernafasan bocor melalui bagian bawah panggul.
  2. Perineum adalah tempat bersemayamnya energi potensial (kundalinī) di mūlādhara-cakra. Mūla-bandha memberi stimulasi pada cakra, dan dengan demikian pada energi potensial juga.
  3. Perineum (kanda) di bagian bawah tubuh, adalah titik mula sistem syaraf dan sistem energi (nādī-cakra). Dari sini energi vital (prāna) mengalir dan beredar ke seluruh tubuh. Mūla-bandha memberi stimulasi pada kedua sistem di akar dan di titik awalnya.
  4. Stimulasi ini memberi kekuatan emosional dan psikologis yang membuat pikir lebih stabil dan seimbang, sehingga dengan mudah kita bisa menyingkirkan perasaan tidak aman dan emosi negatif. Stabilitas ini mengurangi kerentanan terhadap fobia.
  5. Mūla-bandha membantu mengendalikan kemarahan dan untuk meningkatkan daya konsentrasi.
  6. Mūla-bandha menjaga keselarasan panggul dengan memberi atensi pada hubungan antara tulang sakrum dan kemaluan.
  7. Mūla-bandha adalah posisi sangat mengakar ke bumi (grounding). Khususnya saat dilakukan pada posisi berdiri, kontraksi mūla-bandha melalui bagian bawah tubuh memberi sensasi tenggelam ke pusat bumi, dan kemudian menarik kualitas energi bumi masuk ke tubuh. Dengan demikian, energi menjadi lebih stabil dan mengakar.
  8. Mūla-bandha adalah salah satu latihan terbaik untuk mengaktifkan Cakra Dasar (mūlādhara-cakra) yang sangat baik untuk mengatasi masalah seksual dan ginekologi. (ret)
Advertisements

2 thoughts on “Mūla Bandha

  1. Maaf, kalo kepala kemaluan saya jadi agak berdenyut dan terkesan membesar ketika melakukan ini, apakah itu pertanda benar?

    1. Seharusnya tidak terjadi begitu, Anta. Kemungkinan, pada saat melakukan mūla-bandha, ada sensasi tertentu dalam pikir, dan kamu mengikutinya. Karena itu, sangat disarankan, untuk lebih dulu mengosongkan pikir, dan lakukan mūla-bandha pada kondisi no-mind. Selamat beryoga.

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s