Atman

(n1 Diri; 2 diri

Karena bahasa Sansekerta tidak memiliki huruf kapital, maka hanya konteks yang bisa digunakan untuk menentukan makna kata ātman sebagai ‘diri empiris’ atau ‘ego personalitas’ (jīva, atau jīva-ātman), atau sebagai ‘Diri Transendental’. Tidak selalu mudah untuk membuat perbedaan ini, namun, seperti dijelaskan dalam Bhagavad-Gitā (6.5-6):

“Orang harus meraih ātman dengan ātman; orang tidak boleh membiarkan ātman dalam dirinya tenggelam; karena ātman adalah temannya ātman, dan ātman adalah juga musuhnya ātman. Ātman adalah temannya ātman pada orang yang ātman dirinya ditundukkan oleh ātman; tetapi bagi [dia yang] kehilangan ātman, ātman bagai musuh dalam perseteruan.”

Kata ātman, meskipun utamanya adalah kata ganti refleksif, telah digunakan untuk merujuk Diri Transendental sejak zaman Upanishad kuno. Ātman adalah konsep kunci dalam metafisika Hindu, khususnya Vedānta dan ajaran Yoga berbasis Vedānta. Para bijak dan filsuf Hindu telah mengerahkan berbagai cara untuk menentukan dan mengkomunikasikan hakikat ātman. Persoalannya adalah bahwa Diri, by definition, tidak berada dalam jangkauan pikir dan indera. “Bentuk Diri tidak dapat dilihat oleh mata,” kata Mahābhārata (12.196.4), mengulangi pokok yang sudah ada sejak Upanishad yang paling awal. Sebagaimana Brihadāranyaka-Upanishad kuno (3.7.23) menyatakan dalam satu bagiannya yang terkenal, Self tidak dapat dipahami karena merupakan pemaham, pelaku, dari segala sesuatu. Dengan kata lain, Diri terungakap hanya kepada dirinya sendiri. Tidak ada tindakan-terbatas kognisi yang terlibat. Karena itu Shiva-Samhitā (1,62) menyatakan: “Setelah meninggalkan persepsi kondisi palsu [kesadaran], maka penyangkal dari semua kemauan (samkalpa) akan melihat Diri dalam Diri oleh Diri.”

Sumber:
Feuerstein, Georg. 2011. The Encyclopedia of Yoga and Tantra. Boston: Shambala Publications.

.

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s