Satu Atman

Coba perhatikan lampu-lampu di sekitar kita – di pertokoan misalnya. Terang dan beraneka warna. Bola lampu bisa punya warna-warna yang berbeda tetapi cahaya adalah sama pada semua bola lampu. Begitupun, meski tubuh dan sikap mental (bhavana) berbeda tetapi ātman (Diri Sejati) adalah satu dalam semua makhluk. Bola putih menggambarkan pikiran sattvis atau sattvic bhavana; bola lampu merah menggambarkan pikiran rajasis atau rajasic bhavana; bola lampu hitam menggambarkan pikiran tamasic atau tamasis bhavana.

Tubuh bisa berbeda, begitupun sikap mental, guna (bakat), dan tindakan bisa berbeda, tetapi Diri Sejati (the Self) adalah sama dalam semua makhluk.

Hidung bisa berbeda – ada yang pesek, dan ada yang mancung – tapi kekuatan (shakti) untuk membaui adalah satu di semua hidung. Bunga bisa berbeda, warnanya juga berbeda, tetapi organ yang melihatnya adalah satu. Begitupun, tubuh dan pikir bisa berbeda, tetapi kecerdasan (Self, Ãtman,atau kesadaran) adalah satu.

Semua warna terpusat di mata, semua rasa terpusat di lidah, semua sentuhan terpusat di kulit, semua suara terpusat di telinga, semua aroma terpusat di hidung, semua indera terpusat di dalam pikir, semua pikir terpusat di Ãtman atau Sang Diri Agung, yang menyangga dari semuanya.

Alam semesta ini juga merupakan aspek Tuhan, karena penciptaan, kelestarian, dan pembubarannya berlangsung dari-Nya. Segala bentuk adalah manifestasi ilahiah Tuhan. Jika selalu ingat ini, kita akan punya sudut pandang visi yang baru. Kita akan dibebaskan dari keterikatan dan kebencian. Kita akan mencapai realisasi-diri melalui pemujaan terhadap Tuhan dalam bentuk-Nya sebagai alam semesta berwujud. (ret)

.

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s