Sistem Sirkulasi: Darah dan Energi

Sistem peredaran darah bertanggung jawab untuk mengangkut material ke seluruh tubuh. Darah membawa nutrisi, air, dan oksigen kepada miliaran sel tubuh dan mengangkut limbah yang dihasilkan sel-sel tubuh, seperti karbon dioksida. Sistem peredaran darah adalah jalan tol yang bergerak melewati seluruh tubuh dan menghubungkan seluruh sel-sel tubuh. Latihan pavana-muktāsana mengarahkan aliran darah ke otot yang akan dilatih. Aliran darah ini memberi tambahan stamina dengan memberi otot lebih banyak nutrisi dan oksigen.

NĀDĪ

Selain sistem sirkulasi darah, tubuh kita juga memiliki sistem sirkulasi prāna atau energi. Prāna bergerak ke seluruh tubuh melalui kanal atau meridian (nādī). Kanal energi ini halus dan tidak terlihat, sebagaimana kita tidak bisa melihat listrik tetapi bisa mengenalinya melalui fungsi peralatan yang menggunakannya.

Secara umum dikatakan bahwa ada 72.000 nādī, meskipun Tri-shikhi-Brāhmana-Upanishad (2,76) meyakini bahwa jumlahnya tak terhitung. Shiva-Samhitā (2,13) mengklaim ada 350.000 nādī. Ada yang menyatakan bahwa ada 72 nādī yang sangat penting, sementara sebagian yang lain menyatakan hanya ada 10, 12, atau 14. Menurut Darsana-Upanishad (4.6ff), 14 pembuluh utama prāna adalah: sushumnā, idā, pingalā, sarasvatī, pūshā, varunā, hasti-jihvā, yaahasvinī, ālambusā, kuhū, vishva-udārā, payasvinī, shankhinī, gāndhārā.

Dari sekian banyak nādī hanya satu yang melewati puncak kepala dan mengarah ke keabadian. Yoga-Shikhā-Upanishad (6.5) mengidentifikasi nādī yang memanjang hingga ke kepala itu sebagai para-nādī, atau sushumnā-nādī. Sementara itu, ada tiga nādī yang memiliki signifikansi esoteris khusus, yaitu saluran pusat (sushumnā-nādī) dan dua kanal yang melilitnya secara helikal (spiral), yaitu idā-nādī dan pingalā-nādī. Nādī dianggap sebagai lokus jiwa (jīva).

Nādī membelit tubuh seperti tanaman rambat ketika sarat dengan kotoran (mala). Ketika itu, energi kehidupan (prāna) tidak dapat mengalir secara bebas di dalamnya, dan terutama tidak dapat masuk ke saluran pusat. Oleh karena itu yogi disarankan untuk melakukan latihan pemurnian, walau hasilnya tidak serta-merta dirasakan.

Aliran energi membentuk pusat-pusat energi spesifik (cakra) pada titik-titik tertentu di sepanjang tiga kanal energi utama (ida, pingala, dan sushumnā-nādī ). Setiap cakra ini berkait dengan fungsi dan kualitas tertentu.

Sebagaimana pusat-pusat energi yang halus dan tidak kasat mata, begitupun kualitas yang berkaitan. Semakin kuat pusat-pusat energi, semakin kuat kualitas dalam diri kita yang direpresentasikan oleh pusat-pusat energi itu. Sebaliknya, semakin kita mengembangkan dan menguatkan kualitas-kualitas diri, semakin kuat pula energi, maka pusat-pusat energi dalam diri kita juga semakin kuat. Tidak ada cara yang lebih mudah dan lebih baik untuk mengembangkan kualitas-kualitas ini selain membangunkan pusat-pusat energi, membuatnya ‘hidup’ dan ‘bernafas’ dalam diri kita, daripada membiarkannya tetap terbengkalai.

Titik Sei dan Gen

Dalam perspektif Cina ada dua belas meridian utama prāna di seluruh tubuh. Sebagian besar darinya terkait dengan satu organ internal spesifik, yang dilaluinya. Titik terminal meridian terletak di ujung jari-jari tangan dan kaki, dan dikenal sebagai Titik Sei (‘baik’). Misalnya, Titik Sei meridian paru-paru terletak di ujung ibu jari dan Titik Sei usus besar di ujung jari telunjuk.

Titik Sei sangat penting, karena titik ini adalah pintu masuk dan keluarnya prāna. Tingkat energi pada titik-titik ini mencerminkan secara akurat kondisi keseluruhan meridian. Seperti sudah banyak diketahui bahwa dalam kasus penyakit akut, akupunktur pada titik-titik ini memberi efek langsung.

Sistem pengobatan Cina juga mengenal Titik Gen (‘sumber’), yang terletak di pergelangan tangan dan kaki, dan di antara titik-titik Sei dan sendi. Gangguan pada organ internal terefleksikan pada Titik Gen meridian yang bersangkutan, sehingga pengobatan diberikan pada titik-titik tersebut.

Latihan pavana-muktāsana dengan menekuk dan memutar pergelangan tangan, kaki dan sendi, merangsang titik-titik Gen dan dengan demikian membantu menormalkan fungsi organ internal yang terhubung dengan ke-dua belas meridian. Latihan lain berupa mengepalkan tangan dan menekuk jari-jari kaki memberi rangsang pada titik-titik Sei secara langsung, dan berakibat meningkatnya sirkulasi prāna.

Yoga adalah untuk menciptakan energi dalam, dan bukan memprovokasi energi luar. Untuk meningkatkan aliran energi dalam, untuk meningkatkan daya semangat, kita harus menafaskan, menggerakkan, dan melantunkan dasar-dasar yoga. Meditasi pernafasan yoga meningkatkan energi dan mengurangi kegelisahan. Suatu gerakan fisik kriyā mengubah kimiawi saraf dan kelenjar tubuh. Melantunkan atau menggumamkan akan melepaskan rasa sakit emosional, meningkatkan energi, dan mengubah pola pikir. Ketika semangat kita rendah dan terjebak dalam siklus pikir, perasaan, dan perilaku yang membatasi diri, melantun atau menggumam adalah latihan yang membersihkan alam bawah sadar, melatih getaran pikiran, membongkar ikatan emosional, memolakan kembali perilaku, dan membantu menemukan identifikasi diri yang sejati.

Catatan:

  1. Aliran prāna mudah terhambat, terutama pada sendi. Aliran yang terhambat menyebabkan rasa sakit, seperti rematik, dan mengakibatkan defisiensi aliran energi di seluruh tubuh, yang pada gilirannya akan menjadi penyebab banyak gangguan. Dengan pavana-muktāsana aliran prāna melalui nādī dirangsang, terutama dengan menghilangkan penyumbatan pada sendi.
  2. Sebelum melakukan pavana-muktāsana atau pose yoga lainnya, dianjurkan untuk berbaring dan diam. Ini akan menenangkan tubuh, dan memungkinkan prāna terserap dan terdistribusikan. (ret).
Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s