Apa Itu Yoga?

Yoga adalah ilmu yang mengajarkan cara paling efektif untuk menghapus cacat dan kelemahan diri, dan untuk mencapai keadaan kesempurnaan, kebebasan dan kesadaran supra yang terberkati. Pada keadaan inilah terjadi persatuan dengan Sang Mutlak.

Yoga memungkinkan kita untuk mengakuisisi kendali atas tubuh fisik, pikir dan indera. Yoga mengajarkan metode untuk bangkit dari keburukan ke kebaikan, dari kebaikan ke kesalehan, dan kemudian dari kesalehan ke kemegahan illahi.

Yoga adalah pencarian kebenaran untuk mencapai keunggulan spiritual. Bentuk pendidikan-diri inilah yang disebut Yoga. Para yogi senantiasa mengamati hukum moderasi. Mereka menapaki jalan tengah. Mereka tidak menyiksa tubuhnya, tetapi mengatur makan dan tidurnya. Mereka mengatur bicara dan kerjanya.

Yoga adalah warisan yang unik. Lanjutkan laku ini secara bertahap dan terus-menerus. Tidak ada yang bisa dicapai dalam semalam. Tapi praktik yang terus-menerus akan melimpahkan berkat dalam jangka panjang. Yoga memiliki kegunaan tak tertandingi dan nilai kuratif yang belum mampu disadap oleh ilmu kedokteran modern.

Latihan Yoga tidak bertentangan dengan agama apapun. Yoga adalah murni spiritual dan universal dalam ajaran-ajarannya. Ini tidak bertentangan iman.
Yoga tidak dimaksudkan untuk membuatmu berpaling dari kehidupan; Yoga adalah proses spiritualisasi kehidupan. Yoga membawa perkembangan fisik dan spiritual secara simultan. Dan akhirnya, Yoga memungkinkan para aspiran untuk mencapai persatuan bahagia dengan Sang Mahatinggi. Ketika matang, Yoga akan mengantar ke keadaan kesadaran supra yang disebut nirvikalpa samādhi atau realisasi Sang Absolut. (ret)

lebih mendalam tentang Yoga, sila membaca Yoga 

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s