Memahami Alam

Alam semesta, yang berkuasa atas segala sesuatu dengan hukum tak terhindarkan, adalah penguasa tunggal berupa organisasi kekuatan dengan mekanisme pengendalian yang sangat halus atas hal-hal terkecil di dunia. Tidak ada yang bisa lolos dari operasi hukum kosmos ini. Ada mekanisme di setiap atom penciptaan yang dapat mendeteksi peristiwa yang terjadi di mana saja, tidak hanya di dalam atom. Begitu pula dengan keteraturan alam, kejelasan persepsi alam, dan ketatnya pengoperasian hukum alam. Jika ini adalah kebenaran, dan semua hal secara organik terkait, maka ‘substansi utama’ adalah kekuatan yang paling berkuasa. Substansi utama yang hukumnya beroperasi di mana-mana – di dalam maupun di luar – disebut prakṛti (prakriti).

Setiap karakter, setiap proses, setiap aktivitas merupakan modifikasi aspek-aspek tertentu prakṛti. Prakṛti adalah matriks terakhir segala hal, substansi tertinggi kosmos, adalah residu dasar yang melekat pada semua sifat segala hal yang kita lihat dengan cara yang beraneka ragam. Semua sifat yang terindera dengan cara apapun – terlihat, terdengar, berwujud, dll – pada akhirnya melekat pada substansi tertinggi, yaitu prakṛti. Prakṛti adalah substansi dasar kosmos.

‘Apa yang kita pikirkan, itu yang akan terjadi’ adalah salah satu hukum besar alam. Berpikir bahwa kita murni, maka murnilah kita. Berpikir bahwa kita mulia, maka mulialah kita. Berpikir bahwa kita manusia, maka manusialah kita. Berpikir bahwa kita adalah Brahman, maka kita akan menjadi Brahman.

Dia yang menyebar kebahagiaan akan selalu menuai keadaan yang menguntungkan dan membawanya ke kebahagiaan. Dia yang menyebar rasa sakit kepada orang lain, tak diragukan lagi, akan menuai rasa sakit dan penderitaan, menurut hukum alam. Oleh karena itu manusialah yang menciptakan karakter dan situasinya sendiri. Karakter buruk bisa berubah menjadi baik dengan cara berpikir yang baik, dan keadaan buruk bisa diubah menjadi keadaan yang menguntungkan dengan melakukan perbuatan baik. Pahamilah hukum-hukum alam dan jadilah bijaksana dan bahagia. (ret)

Sila baca juga Hukum-hukum Alam

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s