Karma Yoga

Karma Yoga adalah perbuatan yang dilakukan sebagai kurban (yajña) dan menjadi persembahan illahi. Perbuatan ini tidak terikat karma. Inilah semangat Karma Yoga, atau perbuatan transendental.

Dampak perbuatan masa lalu hanya dapat dibersihkan dengan penyegaran melalui perbuatan-perbuatan bajik di masa sekarang, yaitu memberi dan melayani. Tidak ada cara lain lagi untuk memurnikan diri. Tidak ada metode lain lagi untuk menghancurkan impresi ketidakmurnian dan hasrat.

Tidak ada yang bisa mencapai cita-cita Karma Yoga tanpa menghancurkan ego. Dan ego tidak dapat dihancurkan tanpa kesanggupan melakukan perbuatan bajik. Panggilan untuk melakukan karya – panggilan kurban, atau yajña – muncul bersama individu. Terlahir sebagai individu adalah terlahir dengan tugas yang terkait dengan segala makhluk, hidup dan tak hidup.

Seluruh semesta aktif dalam proses yang disebut evolusi menuju pencapaian tujuannya, yaitu Kesadaran-Diri Universal. Orang menyebutnya sebagai Realisasi Tuhan. Dengan demikian, tidak seorangpun di semesta ini bisa tidak aktif. Begitupun, pada saat yang sama, tidak seorangpun, secara sendiri dan individual, melakukan segala hal. Semua aktivitas adalah jumlah seluruh kerja kosmos. Ciptaan adalah gerakan diri sang pencipta.

Karma Yoga sangat sulit pada awalnya karena pikir yang tidak murni akibat ditunggangi ego. Bersikaplah ketat dan tegas terhadap pikir. Jangan terlalu banyak berpikir tentang metodenya. Mulailah di suatu tempat. Bekerjalah dengan niat yang benar dan semangat yang tepat. Jalan akan terbuka di hadapanmu.

Spiritualkan perbuatan-perbuatanmu. Setiap perbuatan adalah persembahan bagi Tuhan, bila dilakukan dalam semangat yang tepat.

Lakukan Karma Yoga. Muliakan Karma Yoga yang mengangkat manusia menuju keilahian. (ret)

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s