Patanjali

Ada beberapa orang bernama Patañjali yang menonjol dalam sejarah pemikiran Hindu. Seorang pakar tata bahasa yang terkenal dengan nama itu, yang menulis komentar atas Ashta-Adhyāyī (Ashtādhyāyī‘Delapan Pelajaran [dalam Tata Bahasa]) hidup pada abad ke-2 SM. Ia berbeda dengan Patañjali yang menulis Nidāna Sūtra, sebuah karya penting untuk studi sastra ritual Veda. Patañjali yang ke-tiga adalah salah satu dari 18 pakar (ashtādasha-siddha) dari India Selatan. Dia hidup lebih awal dari Tirumūlar, yang merujuknya dan kunjungannya ke kuil Chidambaram di Tiru-Mantiram. Patañjali ke-empat adalah seorang guru Sāmkhya terkenal.

Keempat Patañjali tersebut sangat mungkin berbeda dari Patañjali yang menyusun Yoga Sūtra, meskipun tradisi India lama menyatakan bahwa sang ahli tata bahasa dan sang penulis Yoga adalah identik. Dari bukti-bukti dalam Yoga Sūtra, dan pertimbangan sejarah umum, Patañjali yang penulis Yoga kemungkinan hidup pada abad ke-2 M.

Hampir tidak ada yang diketahui tentang Patañjali sang yogi. Menurut tradisi Hindu, ia adalah inkarnasi Ananta, atau Shesha, penguasa ras ular berkepala seribu. Ananta yang ingin mengajar Yoga di bumi, dikatakan terjatuh (pat) dari surga ke telapak tangan (anjali) seorang perempuan suci bernama Gonika. Ia jelas mahir dalam Yoga terutama filsafat.

Kontribusi besar Patañjali adalah menyusun secara sistematis pengetahuan Yoga yang telah ada dalam kerangka filsafat, yang memungkinkan Yoga bersaing dengan sekolah pemikiran kontemporer lainnya. Menurut tradisi lisan India Selatan, Patañjali adalah seorang master Shivaisme. (ret)

 

Sumber:
1. Feuerstein, Georg. 2011. The Encyclopedia of Yoga and Tantra. Boston: Shambala Publications.
2. Berbagai sumber lainnya.

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s