Olah Tubuh

# Prinsip 1 dari 5 Prinsip Yoga

Tubuh fisik dimaksudkan untuk bergerak dan berlatih. Jika gaya hidup kita tidak menyediakan gerak alami bagi otot dan sendi, maka penyakit dan ketidaknyamanan akan terjadi seiring waktu. Latihan yang tepat harus menyenangkan bagi pelakunya, serta bermanfaat bagi tubuh, pikir, dan kehidupan spiritual.

Ada banyak sistem olah tubuh modern yang dirancang untuk mengembangkan otot melalui gerak mekanis dan serangkaian latihan. Karena dalam Yoga tubuh adalah kendaraan bagi jiwa dalam perjalanannya menuju ke kesempurnaan, maka latihan fisik Yoga dirancang tidak hanya untuk mengembangkan tubuh, namun juga untuk memperluas kemampuan mental dan kapasitas spiritual.

Olah tubuh Yoga disebut āsana, sebuah istilah yang berarti posisi tubuh. Posisi tubuh diupayakan untuk stabil, karena yogāsana dimaksudkan untuk dipertahankan selama beberapa waktu. Tentunya ini untuk tahap lanjut. Pada tahap awal, perhatian kita cukup untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

Tubuh adalah semuda kelenturannya. Latihan Yoga berfokus pada kesehatan, kekuatan, dan kelenturan tulang belakang. Tulang belakang adalah rumah bagi sistem syaraf maha penting, yaitu siatem transmisi telegrafik tubuh. Mempertahankan kelenturan dan kekuatan tulang belakang melalui latihan, akan meningkatkan kemampuan sirkulasi dan menjamin pasokan nutrisi dan oksigen. Āsana juga akan berdampak pada organ-organ internal dan sistem endokrin (kelenjar dan hormon).

Rama Muktasambhava menyarankan latihan āsana setiap 48 jam sekali (2 hari sekali). Biasanya latihan āsana diawali dengan Sūrya Namaskara. Untuk latihan harian individual, prāṇayāma dan Sūrya Namaskara sudah lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan, semangat, dan vitalitas.

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s