Jiva

n: 1 hidup (life); 2 hidup (alive); 3 jiwa (psyche)
Kitab Mahābhārata menyebutnya ‘api batiniah’.

Jīva adalah diri terindividuasi (jīva-atman) yang dilawanartikan dengan Diri Transendental (parama-ātman). Diri individuasi adalah produk dari ilusi. Disebut jīva ketika ia masih terikat dalam tubuh. Setelah pencerahan dan terbebas dari belenggu tubuh, keberadaannya akan mencair, dan hanya ada Diri Transendental (ātman) yang tunggal. Jīva dianggap sebagai ‘binatang’ (pashu) selama kekuatan spiritual, atau kundalinī-shakti, masih tertidur dan belum bangkit.

Pada saat kematian, jīva akan keluar melalui Cakra Mahkota (sahasrāra-cakra) di ubun-ubun, atau melalui lubang tubuh lainnya bagi mereka yang tidak siap secara spiritual.

Jīva mendapatkan vitalitasnya dari prāna dan apāna. Di bawah pengaruh prāna dan apānajīva bergerak naik dan turun melalui saluran halus kiri dan kanan, yaitu ida dan pingalā-nādī, dan karenanya pergerakan ini tidak terlihat. Jīva terikat helai kosmis (guna) pada prāna dan apāna.

Jīva meninggalkan tubuh dengan suara ham dan masuk ke tubuh dengan suara sa – dua suara yang jika terus-menerus dilafalkan dan membentuk hamsa-mantra. (Sila baca juga artikel Kesadaran # 4: Yoga dan Latihan Pembebasan Diri)

Pada satu bagiannya Yoga-Vāsishtha dengan sangat menarik mengelompokkan jīva menjadi tujuh jenis, tergantung pada kedewasaan dan kekuatan spiritualnya. Sementara pada bagian lain, Yoga-Vāsishtha juga membuat klasifikasi dua belas jīva berdasarkan interaksi konstituen utama (guna) kosmos. Skema ini untuk memenuhi tujuan utama perjalanan pulang ke titik keadaan terjaga, yang begitu dihargai dalam peradaban modern kita, mengekspresikan potensi utama manusia, dan tidak sekadar mencerminkan tingkat kesadaran yang ditandai dengan tingkat kematangan moral dan spiritual tertentu.

Advertisements

Sila beri tanggapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s